Memahami Biaya yang masuk ke pertambangan

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:23:02 WIB | dibaca: 194 pembaca | Pertambangan Rakyat

Memahami Biaya yang masuk ke pertambangan

Layaknya industri pertambangan lain, industri pertambangan emas juga merupakan jenis industri padat modal yang membutuhkan sejumlah biaya yang besar untuk menunjang kegiatan operasionalnya. Tidak hanya sekedar untuk pengadaan alat berat dan menggaji pekerja, industri pertambangan juga membutuhkan dana untuk membiayai sejumlah variabel lain, seperti perijinan, biaya ekstraksi, penanganan limbah, pembangunan fasilitas, smelter, biaya reklamasi, pajak, dan sebagainya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah metode apa yang yang akan dipilih untuk mengeksploitasi bijih emas, hal ini harus dilakukan analisa terlebih dahulu tentang bagaima bentuk body ore dan letak sumber deposit bijih emas, apakah dekat dengan permukaan tanah atau tidak, ini dapat diketahui melalui hasil proses eksplorasi. Kebanyakan penambangan emas menggunakan metode underground mining karena bentuk body ore dan letak deposit yang jauh dari permukaan tanah.

Setelah mengetahui metode penambangan yang dinilai paling ekonomis, selanjutnya diperlukan pembuatan rancang bangun tambang, hal ini termasuk perhitungan pembuatan jalan masuk menuju sumber deposit, pembangunan fasilitas penunjang, pengadaan alat, dan sebagainya. Selain digunakan untuk merancang proposal, pembuatan rancang bangun juga diperlukan untuk diserahkan kepada petugas kementerian ESDM terkait perijinan.

Proses rancang tambang berlanjut pada pengadaan alat, industri ini membutuhkan beragam alat berat dan penunjang bergantung dari metode dan skala tambang yang akan dilakukan, beberapa alat yang umumnya diperlukan antara lain, dump truck, bulldozer, excavator, ball mill, Conveyor, crusher, dan sebagainya. Selain biaya pengadaan terdapat juga biaya depresia alat berat yang harus diperhitungkan terkait alat berat.

Dilanjutkan dengan perhitungan biaya tenaga kerja, dibutuhkan tenaga kerja te

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir