Mengapa konservasi energi dan sumberdaya alam begitu penting?

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:33:31 WIB | dibaca: 204 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Mengapa konservasi energi dan sumberdaya alam begitu penting?

Konsumsi energi dan sumber daya alam dalam jumlah masif telah menempatkan manusia pada krisis dan menjadikannya satu-satunya mahkluk hidup yang bertangung jawab terhadap kerusakan alam akibat eksploitasi besar-besaran yang didorong oleh motif ekonomi.

Manusia pada akhirnya dihadapkan oleh suatu keadaan dimana ia kini mulai merasakan bencana akibat kerusakan yang ia perbuat baik di darat dan laut maupun hingga wilayah dirgantara. Manusia kini kesulitan memenuhi kebutuhannya akan energi, makanan, dan kebutuhan dasar lainnya sehingga mereka terdesak untuk melakukan konservasi pada sumber daya yang kini tersisa.

Pentingnya konservasi telah dituangkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi, dijelaskan bahwa “konservasi energi merupakan sebuah upaya sistematis, terencana, dan terpadu guna melestarikan sumberdaya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfatannya.” Dari poin ini kita dapat mengambil kesimpulan tentang tatacara konservasi yang mengharuskan hadirnya mekanisme yang sistematis, terencana, dn saling terintegrasi untuk menjamin terwujudnya tujuan dari konservasi.

Kemudian dilanjutkan lagi mengenai definisi konservasi yaitu pada pasal 1, ayat 18 Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, konservasi sumber daya alam didefinisikan sebagai “sebuah proses pengelolaan sumber daya alam untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana serta kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya.”

Merujuk Keppres No. 43/1991, bahwa pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan konservasi energi dilingkungan Depdiknas menjadi tanggungjawab Menteri Pendidikan Nasional, sedangkan secara nasional adalah menjadi tanggung-jawab Menteri Energi dan Sumber Daya M

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir