Panduan Leveling Pertambangan

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:28:10 WIB | dibaca: 413 pembaca | Lain-Lain

Panduan Leveling Pertambangan

Pertambangan kegiatan yang terdiri dari beragam aktifitas seperti penelitian, eksplorasi, studi kelayakan, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pasca tambang (reklamasi dan reboisasi).

Untuk dapat mendukung proses penambangan, diperlukan rancang bangun yang membutuhkan suatu acuan dalam membuat keputusan yang tepat, dalam hal ini dilakukan kegiatan mengumpulkan data karakteristik tambang yaitu pemetaan.

Deinisi pemetaan ialah suatu kegiatan pengukuran, perhitungan dan penggambaran permukaan bumi di atas bidang datar dengan menggunakan metode pemetaan tertentu sehingga didapatkan output berupa peta. Dari situ kita akan bersentuhan dengan ilmu geodesi yang berfungsi untuk pembuatan kerangka dasar pemetaan, pengambilan data atau detail topografi, perhitungan proyeksi peta, serta peyusunan manuskrip. Di dalam pengambilan data kita akan menggunakan sistem yang disebut leveling atau penyipat datar.


Definisi Penyipat Datar

Penyipat datar adalah menentukan atau mengukur beda tinggi antara dua titik atau lebih berdasarkan perbedaan elevasi atau kemiringan. Perbedaan terjadi dikarenakan adanya perbedaan tinggi di atas air laut kesuatu titik tertentu sepanjang garis vertikal. Perbedaan tinggi antara titik-titik akan dapat ditentukan dengan garis sumbu pada rambu yang vertikal. Tujuan dari leveling atau pengukuran penyipat datar adalah untuk mencari selisih atau beda tinggi antara dua titik yang di ukur.


Alat yang kerap digunakan dalam kegiatan leveling atau pengukuran penyipat datar adalah waterpass. Waterpass adalah suatu alat ukur tanah yang dipergunakan untuk mengukur beda tinggi antara titik-titik saling berdekatan yang nilainya dapat ditentukan dengan menggunakan garis-garis visir yang menuju pada rambu-rambu ukur yang vertika

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir