Pertambangan besar vs pertambangan kecil

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:33:37 WIB | dibaca: 272 pembaca | Lain-Lain

Pertambangan besar vs pertambangan kecil

Aktivitas penambangan di daerah yang kaya akan sumber daya mineral telah membangunkan mimpi oleh banyak orang untuk mendapatkan kesejahteraan dari kegiatan eksploitasi mineral berharga di sana. Sebagian berhasil menambang dengan skala kecil dengan alat sederhana dan metode tradisional, seolah tidak mau ketinggalan para kapitalis juga dapat mencium bau keuntungan dari aroma mineral dan segala upayanya untuk memonopoli cashflow dari keluar masuknya mineral dari tambang, namun tidak sedikit juga yang menderita rugi sebab kegagalannya dalam menambang. 


Keberhasilan penambang besar juga menimbulkan keinginan penduduk lokal maupun migran yang menyebabkan demam emas sehingga praktik penambangan ilegalpun terjadi, tidak hanya berbahaya tetapi juga membahayakan diri dan lingkungan. Praktik tambang ilegalpun juga turut andil dalam pertumbuhan praktik KKN oleh oknum-oknum pejabat instansi terkait terutama aparat penegakan hukum.


aktivitas penambangan illegal tak ayal membuat penegak hukum banyak melakukan operasi penertiban terhadap penmbang ilegal namun nampaknya tak pernah menyurutkan niat para pelaku dan pebisnis ilegal di bidang pertambangan. Mimpi meraup keuntungan besar di bisnis pertambangan seolah menghipnotis dan menjanjikan keuntungan yang besar. Meskipun pebisnis di bidang tersebut mesti berkerja dengan mepertaruhkan resiko besar akan tetapi telah membuat dirinya cukup sukses untuk membuat cemburu orang lain sehingga tergiur untuk masuk ke lembah bisnis ini..


Namun demikian, bukan berarti semua warga di daerah sekitar pertambangan ikut menikmati rejeki dari kegiatan ini. Jika dibandingkan dengan mereka yang ikut berkerja sebagai karyawan di perusahaan tambang, warga lainnya hanya kebagian menonton dan menghirup debu serta kerusakan alam oleh kegiatan pasca aktivita

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir