Tambang berlian dan pengaruhnya terhadap lingkungan

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 10:30:05 WIB | dibaca: 306 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Tambang berlian dan pengaruhnya terhadap lingkungan

Pertambangan memiliki kontribusi besar terhadap negeri ini dengan menyumbang sebesar 12,56% porsi ekspor senilai 18,1 Milyar Dollar Amerika. Bahkan di beberapa negara di Benua Afrika semisal Botswana, pertambangan berlian berkontribusi pada 60% pendapatan ekspor dan 25% pada pendapatan domestik bruto dan menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di Afrika. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pertambangan berlian terhadap perekonomian suatu negara.

Akan tetapi isu lingkungan menjadi momok menakutkan bagi negara yang memiliki sumber daya pertambangan mineral apabila tidak dikelola dengan bijaksana dan menjamin pemerataan kesejahteraan. Adanya istilah “kutukan sumber daya” akan menjadi kenyataan bagi suatu wilayah yang memiliki potensi sumber daya mineral yang besar namun dikelola oleh kelompok korporasi yang tidak bertanggung jawab.

Sebenarnya ketakutan akan kerusakan lingkungan telah ditanggapi oleh pemerintah dengan menerbitkan regulasi yang menuntut suatu perusahaan pertambangan untuk menjaga lingkungan tempatnya beroperasi, semisal dengan reklamasi di bekas titik operasi dan mengadakan reboisasi serta konservasi fauna. Lalu apa saja sebenarnya dampak yang ditimbul dari kegiatan ekspoloitasi mineral oleh perusahaan pertambangan? 

Deforestasi

Penebangan hutan tak bisa dielakkan ketika suatu perusahaan pertambangan menemukan sumber mineral di suatu titik. Di indonesia sendiri lebih dari 917.000 hektar hutan per tahun telah hilang akibat dari deforestasi. 

Hal yang menjadi kekhawatiran banyak pihak akibat deforestasi hutan adalah terjadinya degradasi kekayaan hutan seperti keanekaragaman hayati, hilangnya paru-paru dunia dan hilangnya habitat bagi flora dan fauna baik yang dilindungi maupun tidak yang berimbas pada terganggunya ek

Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir