Berbagai metoda penambangan batu bara

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 10:59:12 WIB | dibaca: 546 pembaca | Produk pertambangan

Berbagai metoda penambangan batu bara

Pertambangan adalah upaya untuk memanfaatkan mineral dengan serangkaian proses mulai dari rancang bangun tambang, eksplorasi, pengerukan, pemurnian, hingga pengangkutan baik melalui jalur darat, sungai, atau pengapalan. Dalam proses menambang diperlukan teknis khusus yang bertujuan untuk mendapatkan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi.

Proses mengeruk mineral tersebut terdiri dari tiga garis besar metode, yaitu penambangan permukaan, penambangan bawah tanah serta penambangan Highwall mining. Berikut ini penjelasannya :

Penambangan permukaan (tambang terbuka)

Penambangan terbuka adalah penambangan dengan cara mengupas atau menghilangkan, vegetasi permukaan, tanah, batuan dasar untuk mencapai sumber bijih mineral berharga yang terkubur di dalamnya.

Metode penambangan permukaan memungkinkan pekerjanya tetap dapat berinteraksi dengan suhu, udara, dan iklim di luar tambang, metode ini cocok apabila kandungan deposit ore atau bijih berada dekat dengan permukaan tanah dengan ore bodies yang berbentuk horizontal sehingga diperoleh produksi tinggi dengan biaya rendah.

 

mayoritas  tambang batubara di Indonesia menerapkan metoda tambang terbuka, di karenakan sebagian besar cadangan batubara berada dekat dengan permukaan tanah. Maka metode penambangan terbuka ini umumnya dianggap lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan metode underground mining /tambang dalam (bawah permukaan).  Akan tetapi bila cebakan itu jauh dari bawah permukaan tanah dan memiliki bentuk body ore yang tidak beraturan, maka metode underground mining mungkin dianggap sebagai metode yang lebih ekonomis.


Penambangangan bawah tanah

Tambang bawah tanah atau metode underground mining /tambang dalam (bawah permukaan) adalah salah sa

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir