Berbagai metoda penambangan batu bara

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 10:59:12 WIB | dibaca: 547 pembaca | Produk pertambangan

Berbagai metoda penambangan batu bara

tu metode untuk mengeksploitasi mineral berharga dengan cara membuat terowongan menuju lokasi sumber deposit mineral berharga tersebut.

Metode ini seringkali digunakan untuk mengambil mineral berharga  seperti emas, seng, nikel, tembaga, dan timbal. Karena pada umumnya letak cadangan atau deposit ore mineral tersebut berada jauh dari permukaan tanah, sehingga perlu membangun jalan dan berbagai fasilitas lain untuk mencapai lokasi cadangan dan mengambil mineral tersebut.

Dalam mengaplikasikan metode tambang underground mining terdapat dua cara utama yang harus dilakukan yaitu proses pengembangan (development) dan produksi (production). Pada tahap pertama yaitu development, semua material yang digali dan dipindahkan adalah material yang tidak berharga. Pada tahap ini yang termasuk tahap development adalah tahapan membuat jalan masuk serta pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung lain di  bawah.
Setelah tahap development selesai, maka selanjutnya proses produksi dimulai, pada tahap ini mineral berharga telah ditemukan dan di mulai proses pengerukan, ekstraksi, hingga bijih mineral dapat menjadi produk akhir.

Kondisi yang berbeda dimana pekerja melakukan aktifitas penambangan jauh di dasar bumi dan tidak mengalami kontak langsung dengan udara luar maka diperlukan upaya khusus untuk memompa udara bersih dari luar menuju area penambangan di dasar tanah. Tugas ini menjadi tanggung jawab tim ventilasi tambang.

Selain sirkulasi udara bersih atau oksigen yang cukup, tim ventilasi juga harus memastikan untuk memompa keluar semua  udara kotor dan gas beracun hasil emisi berbagai alat penggalian yang diakibatkan juga oleh ledakan dapat dibuang keluar. Untuk mendukung hal ini maka diperlukan kipas atau fan dengan ukuran dan teknik nstalasi yang beragam.

Selain masalah sirkulasi udara, penambang per

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir