Bijaklah pada alam

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 11:14:29 WIB | dibaca: 152 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Bijaklah pada alam

WWF International menerbitkan laporan tahunannya Living Planet Report (LPR) 2014 di Jenewa, Swiss, pada 30 September 2014 silam. Kesempatan ini digunakan oleh Marco Lambertini selaku Director General of WWF International untuk menyampaikan isi laporan tersebut di Jakarta, Jumat 10 Oktober 2014.


Beliau menegasan bahwa konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan hanya dapat dijalankan secara berdampingan. Sebab dua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat berjalan sendirian karena saling berhubungan dalam menjaga keanekaragaman hayati dan alam. Ia juga menambahkan, “Tentu tidak mudah bagi Indonesia untuk berubah—mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas.”Sehingga ia menyarankan bagi pemerintahan Indonesia untuk menyediakan ide baru untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Seperti regulasi yang jelas, serta menyelenggarakan kemampuan bagi sumber daya manusia. “Namun yang terpenting ialah fokus,” terangnya. 


Di satu sisi, kita tidak bisa hanya memikirkan konservasi alam tanpa ikut memikirkan kesejahteraan manusia, seperti kesejahteraan, ekonomi, ketahanan pangan, serta stabilitas sosial. Sebab keduanya akan menjamin keberlangsungan hidup manusia itu sendiri. Oleh sebab itu sustainable growth mulai banyak dilirik berbagai negara. Hanya saja hingga saat ini belum ada negara yang menunjukkan komitmen yang jelas untuk dapat mencapai tingkat pembanguan berkelanjutan secara utuh.

 

Dr. Efransyah selaku CEO WWF Indonesia, memiliki pandangan bahwa prioritas penggunaan low carbon harus menjadi fokus. Sebagai contoh ketergantungan penggunaan bahan bakar minyak seharusnya bisa ditekan. dengan metode diversifikasi energi yaitu mengembangan bahan bakar pengganti. Kepala Badan Pengelola REDD+ Republik Indonesia, Heru Prasetyo ikut memb

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir