Hemat energi adalah gaya hidup kami

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 11:09:48 WIB | dibaca: 53 pembaca | Lainnya

Hemat energi adalah gaya hidup kami

yak 40% penggunaan listrik di perkantoran hanya digunakan untuk mendinginkan ruangan. 

solusinya, kita dapat menggunakan isolasi dinding yang baik agar panas dari luar tidak masuk ke dalam. Atau menggunakan desain bangunan yang dapat membuat sirkulasi udara menjadi baik. Perbanyaklah menanam pohon agar selalu sejuk. Kurangi penggunaan AC pada kendaraan karena hal ini juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Gunakan peralatan elektronik yang hemat energi

Kini produsen barang-barang elektronik telah berinovasi dalam menggunakan material hemat energi. Walaupun harga peranti ini lebih mahal tetapi memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang dengan hasil output yang lebih memuaskan dibanding produk non hemat energi.

Matikan alat elektronik yang tidak diperlukan

Cabut alat elektronik walaupun sudah pada kondisi standby karena tetap menghabiskan energi. Gunakan earphone ketimbang speaker besar karena selain lebih hemat juga tidak mengganggu orang disekitar anda.

Gunakan energi alternatif

Pada saat ini trend teknologi alternatif sudah mulai digunakan di tingkat rumah tangga. Indonesia yang memiliki iklim tropis mendapatkan penyinaran sepanjang tahun sehingga sangat baik jika menggunakan solar cell sebagai pembangkit listrik skala rumah tangga. Selain itu kini penerapan pembangkit listrik tenaga biogas, biomassa, mikrohidro hingga tenaga sampah juga makin murah dan dapat digunakan pada skala rumah tangga. Surplus energi yang dihasilkan juga bisa dijual ke PLN dengan menginstal meteran ekspor-impor dari PLN.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir