Memahami Biaya yang masuk ke pertambangan

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:23:02 WIB | dibaca: 161 pembaca | Pertambangan Rakyat

Memahami Biaya yang masuk ke pertambangan

rampil dan tenaga kerja ahli untuk mendukung kegiatan perambangan. Sebagai contoh tenaga terampil yang dibutuhkan untuk menangani alat berat sebagai operator, mekanik, dan sebagainya. Selain itu dibutuhkan tenaga ahli untuk memberikan instruksi dan pengawasan terhadap jalannya kegiatan penambangan dan setidaknya memiliki tiga tahun pengalaman dalam kariernya. Besarnya biaya tenaga kerja juga bergantung pada skala tambang.

Pada proses selanjutnya, diperlukan pengangkutan bijih emas untuk proses ekstraksi dan pemurnian hingga didapati hasil akhir berupa emas murni. Pada tahapan ini diperlukan tidak hanya alat pengolah tetapi juga bahan baku untuk mengekstrak bijih emas menjadi emas murni dengan menggunakan bahan kimia tertentu yang pengerjaannya dilakukan oleh para insinyur berpengalaman.

Perluasan tambang juga dibutuhkan apabila ditemukan cadangan baru di sekitar stockpile, hal ini juga membutuhkan biaya tidak hanya biaya pelepasan lahan tetapi juga biaya kompensasi atas lahan yang mungkin menjadi sumber mata pencaharian penduduk sebelumnya, juga masalah penanganan limbah yang membuat kondisi tanah tidak lagi bsa ditanami.

Pembangunan fasilitas untuk pekerja dan warga sekitar tambang juga diperlukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan sosial (CSR), dan pengamalan Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Perseroan Terbatas, yang menyebutkan, “Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.”

Banyak sekali manfaat sebuah perusahaan baik untuk masyarakat maupun perusahaan itu sendiri, seperti peningkatan kesejahteran masyarakat, penambangan yang mem

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir