Mengapa konservasi energi dan sumberdaya alam begitu penting?

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:33:31 WIB | dibaca: 65 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Mengapa konservasi energi dan sumberdaya alam begitu penting?

ineral selaku ketua Badan Koordinasi Energi Nasional. Akan tetapi tetap saja bahwa kelestarian sumber daya alam merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat dan berpartisipasi didalamnya dapat kita mulai dengan menlakukan hal berikut ini:

Hal pertama yang dapat kija jadikan pedoman dalam melakukan kegiatan konservasi energi dari pernyataan diatas adalah memanfaatkan sumber daya secara bijaksana, bijaksana disini dapat diartikan sebagai menggunakan sumber daya pada kebutuhan dengan prioritas yang penting-penting saja, semisal sebagai berikut :

Menggunakan energi dan bahan bakar secara efisien sehingga dapat mengurangi timbulnya Gas Rumah Kaca.

Melakukan penghematan dalam penggunaan air untuk kebutuhan dasar seperti Mandi, Cuci, Kakus (MCK), termasuk menggunakan kembali air untuk menyiram taman misalnya, sehingga didapatkan penurunan jumlah penggunaan air baku.

Efisiensi bahan baku di tingkat industri dan menggunakan bahan substitusi yang beragam agar terjadi penurunan intensitas penggunaan bahan baku.

Mengurangi penggunaan peranti elektrik pada pekerjaan yang masih dapat menggunakan tenaga manusia seperti mencuci, mengeringkan baju, serta meminimalisir penggunaan AC, Vacuum cleaner, treadmill dan sebagainya.

Selanjutnya tindak lanjut mengenai tata laksana kegiatan konservasi pada pasal 1, ayat 18 Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, konservasi sumber daya alam selain memanfaatkan sumber daya secara bijaksana juga menjaga kesinambungan ketersediaannya dengan cara tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya. Contohnya adalah sebagai berik

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir