Mengelola sumber daya alam yang vital

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:39:30 WIB | dibaca: 81 pembaca | Kebijakan Pertambangan

Mengelola sumber daya alam yang vital

ngan hidup.

Selain itu Pemerintah juga harus melakukan tugas pokok lainnya, yaitu:

1. Melaksanakan perjanjian internasional terkait pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan

2. hidup dan mencegah upaya penghambatan ekspor dengan menggunakan isu lingkungan sebagai cara untuk menghambat perkembangan ekonomi negara berkembang

3. Meningkatan pengawasan terhadap upaya-upaya pembajakan sumber daya hayati. 

4. Melaksanaan program pro-lingkungan terkait standart internasional (ISO-14000 dan eco-labeling) sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan lingkungan.


Selain pemerintah pusat, tanggung jawab pengelolaan SDA dalam porsi yang ideal juga dapat melalui otonomi daerah yang apabila diterapkan dengan baik akan memberikan fungsi pengawasan yang demokratis dan berkeadilan terhadap proses pembentukan kebijakan, penegakan hukum yang efektif, serta pemerataan yang adil sehingga terwujud pemerintahan yang bersih, adil dan transparan.


Selain itu masyarakat juga perlu diikutsertakan dalam mengelola dan mengawasi sumber daya alam sebagai salah satu elemen yang berinteraksi langsung dengan alam, salah satunya dengan Progam Peningkatan Peranan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya alam dan Pelestarian fungsi Lingkungan Hidup sehingga dapat meningkatkan peran masyarakat terhadap pengelolaan sumberdaya alam dan pelestarian lingkungan.



Wujud dari pelaksanaan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (3) menegaskan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran raky

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir