Mengelola sumber daya alam yang vital

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:39:30 WIB | dibaca: 766 pembaca | Kebijakan Pertambangan

Mengelola sumber daya alam yang vital

at serta mengutip isi amanat dari GBHN 1999-2004 yaitu:

1. Mengelola sumber daya alam dan memelihara daya dukungnya agar bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dari generasi ke generasi.

2. Meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan melakukan konservasi, rehabilitasi dan penghematan penggunaan, dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan. 

3. Menerapkan indikator-indikator yang memungkinkan pelestarian kemampuan keterbaharuan dalam pengelolaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui untuk mencegah kerusakan yang tidak dapat balik. 

4. Mendelegasikan secara bertahap wewenang pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengelolaan sumber daya alam secara selektif dan pemeliharaan lingkungan hidup sehingga kualitas ekosistem tetap terjaga, yang diatur dengan undang-undang.

5. Mendayagunakan sumber daya alam untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dengan memperhatikan kelestarian fungsi dan keseimbangan lingkungan hidup, pembangunan yang berkelanjutan, kepentingan ekonomi dan budaya masyarakat lokal serta penataan ruang, yang pengusahaannya diatur dengan undang-undang.

Kesimpulan dari pembahasan ini adalah, kita semua memiliki hak dan kewajiban atas kelestarian sumberdaya alam dan hal ini telah diamanatkan di berbagai sumber hukum di Indonesia. Kekayaan alam yang terkandung di bumi merupakan sumber daya alam yang pengelolaannya harus dilaksanakan seoptimal mungkin, efisien, dan transparan, juga berkelanjutan serta berwawasan lingkungan, sehingga dapat diperoleh manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat sehingga dapat mengakomodir kep

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir