Pemanfaatn sumberdaya Nabati

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:30:00 WIB | dibaca: 71 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Pemanfaatn sumberdaya Nabati

yai sifat yang kuat, padat, mudah kusut, dan tahan penyetrikaan.


1.3 Sebagai Penyedia material tempat tingal

Sumber daya alam nabati diantaranya kayu, dapat dimanfaatkan sebagai material tempat tinggal. Seperti pembuatan kerangka penopang atap, sebagai tiang atau soko guru, kusen, daun pintu dan jendela serta beragam meubel perabot rumah seperti meja, kuri, tempat tidur, rak storage dan sebagainya. Selain kayu jati, kayu-kayu lain yang dibudidayakan dari hutan seperti meranti, rasamala, rotan, dan bambu.


1.4 Sebagai bahan baku industri

Bahan-bahan alam seperti kayu, tembakau, coklat, biji-bijian, cengkeh, kopi, tebu, lada, gambir, vanili dan lain sebagainya dapat digunakan untuk menunjang industri, seperti industri makanan dan minuman, tekstil, farmasi (seperti kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, temulawak,Rosella), tanaman hias, sebagai sumber minyak atsiri (antara lain cengkih, serai, tengkawang, kayu putih, dan kenanga), (anggrek, mawar, melati) dan lain-lain.


1.5 Melestarikan keberadaan sumberdaya nabati

Agar keanekaragaman dan eksistensi sumberdaya nabati dapat terus lestari dan juga memberi manfaat yang besar kepada manusia, maka diperlukan upaya pelestarian dan pemanfaatan secara bijaksana. 

Upaya Pelestarian atau Konservasi Sumber Daya Alam Hayati sebagai berikut :

1. Menjaga kesuburan tanah dan mencegah ladang berpindah, untuk membuka lahan pertanian baru dengan metode ladang berpindah dapat menimbulkan kebakaran hutan dan merusak lingkungan.

2. Melakukan tebang pilih untuk menebang kayu yang cukup tua dan membiarkan kayu yang masih muda.sehingga memberi kesempatan untuk tanaman mud untuk melangsungkan siklus hidupn

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir