Pertambangan besar vs pertambangan kecil

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:33:37 WIB | dibaca: 173 pembaca | Lain-Lain

Pertambangan besar vs pertambangan kecil

s tambang yang ditinggalkan begitu saja beserta harapan dan janji palsu oleh para pelaku tambang tentang komitmen mereka akan reklamasi dan reboisasi.


Selain masalah ketimpangan kesejahteraan di kawasan pertambangan emas, jua terjadi ketidakmerataan pembangunan didaerah penghasil batu bara, yang menjadi ironis sekaligus tragis adalah, sebagai daerah penghasil batubara yang memproduksi jutaan metrik ton per tahunnya, akan tetapi sering mengalami pemadaman listrik. Padahal siapapun tahu bahwa batubara tersebut dipergunakan untuk pembangkit listrik di sejumlah PLTU di pulau Jawa.


Bisnis di industri pertambangan merupakan bisnis padat modal dengan resiko tinggi. Diperlukan banyak hal untuk dapat sukses di industri ini, perijinan, modal besar untuk kegiatan operasional, pengadaan tenaga ahli, pengadaan atau sewa alat berat, trucking dan unit angkutan, stok BBM, gaji pekerja, dan ditambah insidental cost untuk memperlancar pekerjaan.bagi yang tidak emiliki semua itu akan berkerja sebagai pengumpul batubara berhambur ke tepi jalan pengangkutan oleh truk-truk pengangkut. Kemudian mereka pungut untuk kemudian dimasukkan dalam karung, lalu dijual dengan harga per karung seberat 60 hingga 70 kilo sebesar Rp 10 ribu.


Ada pula yang mengambil dari bekas stockpile ataupun dari hasil cleaning diatas tongkang. Kemudian mulai bergeser dengan cara penambangan tradiional, mencari titik yang diperkirakan menyimpan deposit, cara tradisional ini terdiri dari sistem open pit (tambang terbuka) hingga menggali terowongan bawah tanah (under ground mining). Bahkan beberapa kasus ada juga pihak-pihak yang berpikiran praktis untuk mencurinya dengan kapal motor akibat makin sulitnya melakukan penambangan kecil. Sementara para funder sedang menikmati hasil di berbagai tempat mewah di kota besar, sementara

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir