Pertambangan dan dampak alam sekitar

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:44:50 WIB | dibaca: 177 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Pertambangan dan dampak alam sekitar

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan pertambangan telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi suatu bangsa, mulai dari masuknya sejumlah besar devisa, menyediakan lapangan kerja, menyediakan bahan bakar bagi kendaraan dan pembangkit listrik, serta membantu menyediakan material untuk melakukan pembangunan infrastruktur seperti aspal untuk pembangunan jalan, serta pertambangan marmer, kapur dan lainnya sebagai material bahan bangunan, dan sebagainya.

Pemerintah sebagi pengatur dan penyelenggara iklim ekonomi yang kondusif telah menerbitkan beragam peraturan guna menjamin kegiatan pertambangan yang berkesinambungan dan harmonis antara kepentingan dunia usaha, keletarian alam, dan hubungan sosial masyarakat  lokal dan perusahaan tambang yang beroperasi di sana.

Namun demikian tetap saja terdapat masalah yang diakibatkan oleh ketidakpatuhan pelaksana dan lemahnya penegakan hukum oleh aparatur terkait, sehingga berdampak pada beragam kepentingan salah satunya berdampak pada kelestarian lingkungan. Berikut ini beragam dampak lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan pertambangan.

Merusak ekosistem hutan

Sebenarnya dalam undang-undang telah diatur mengenai batas wilayah yang diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan pertambangan dan wilayah yang tidak iijinkan untuk melakukan kegiatan pertambangan, namun dikarenakan adanya kepentingan yang besar terhadap nilai ekonomi komoditas pertambangan disertai lemahnya penegakan hukum membuat perusahaan melanggar batas-batas wilayah pertambangan yang telah dientukan, salah satunya pelanggaran terhadap wilayah hutan.

Akibatnya hutan yang beralih fungsi dari menjaga keseimbangan ekosistem menjadi daerah pertambangan sehingga ekosistem menjadi rusak, hilangnya keragaman hayati dan fauna yang hidup di dalamnya.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir