Pertambangan dan dampak alam sekitar

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:44:50 WIB | dibaca: 531 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Pertambangan dan dampak alam sekitar

Selain itu fungsi hutan sebagai penyedia beragam bahan baku kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan farmasipun tidak dapat lagi digunakan untuk hal itu sehingga kesejahteraan manusia itu sendiri justru menurun akibat kegiatan pertambangan yang menyalahi perundang-undangan.

Selain itu konversi lahan pertanian dan perkebunan juga dapat menghilangkan kemampuan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya juga menghilangkan mata pencaharian utama penduduk setempat. Pemulihan lahan sangat sulit dilakukan akibat dari kurangnya komitmen perusahaaan untuk menjaga ekosistem alam.

Mengubah bentuk topografi dan keadaan muka tanah

Kegiatan pertambangan seringkali meninggalkan lubang galian besar yang tidak di reklamasi dengan dalih biaya reklamasi dan reboisasi yang besar. Padahal dalam perjanjian awal ketika melakukan permohonan Ijin Usaha Pertambangan dijelaskan tentang syarat perusahaan untuk melakukan reklamasi, sehingga menjadi sebuah pelanggaran terhadap konstitusi ketika perusahaan menjikat air liurnya sendiri dalam hal pelanggaran perjanjian reklamasi dan reboisasi.

Perubahan topografi tanah ini menyebabkan sulitnya mengembalikan ekosistem sehingga kelestarian alam yang dulunya ada disana sulit di perbaiki sehingga menimbulkan banyak masalah terkait terganggunya keseimbangan ekosistem. Perubahan topografi tanah juga tidak memungkinkan lahan dapat digunakan kembali sebagai lahan pertanian, perkebunan, maupun hunian bagi manusia. Banjir, longsor, dan erosi juga dapat terjadi di daerah pertambangan dan berpotensi untuk membahayakan siapapun yang hidup di sekitar daerah tambang.

Pencemaran

Sudah menjadi rahasia umum ahwa kegiatan pertambangan telah menjadi kontributor utama dalam pelepasan sejumlah besar emisi karbon. Hal ini sela

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir