Pertambangan dan dampak alam sekitar

By Hasiltambang Minggu, 10 Des 2017, 17:44:50 WIB | dibaca: 532 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Pertambangan dan dampak alam sekitar

in dapat menurunkan kualitas udara juga dapat menyebabkan kanker paru-paru  dan beragam gangguan pernapasan lain pada manusia ataupun hewan yang hidup disekitarnya. Selain itu pencemaran tidak hanya terjadi di udara saja namun juga di tanah dan perairan.

Pencemaran limbah pertambangan di daratan dapat menyebabkan hilangnya kesuburan tanah an menurunnya kualitas air tanah yang biasa digunakan untuk minum oleh masyarakat setempat, lahan pertanian menjadi berbahaya karena mengandung sejumlah logam berat dan menghasilkan sumber pangan yang terkontaminasi bahan berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan pada manusia seperti minamata, gangguan penyakit kulit, kanker darah, cacat pada bayi, dan degradasi mental dalam jangka panjang.

Pencemaran juga dapat terjadi di perairan sehingga meracuni ekosistem yang hidup di sana, limbah tambang yang beracun yang dialirkan ke sungai menuju kelaut dan merusak ekosistem dan sumber daya pesisir laut, selain itu makanan yang di hasilkan juga mengandung racun akibat kontaminasi bahan kimia berbahaya.

Polusi suara pada daerah pertambangan menyebabkan kurangnya kenyaman bagi penduduk setempat dan hewan yang mendiami tempat tersebut terusik dan pindah ketempat lain yang menyebabkan terganggunya ekosistem. Ditambah lagi keluhan tentang adanya gangguan pendengaran akibat suara bsing yang dihasilkan oleh kendaraan dan alat-alat pertambangan.

Sarana prasarana seperti jalan rusak berat

Tonasi jalan yang tidak sesuai dengan berat alat berat dan kendaraan angkut menyebabkan kerusakan pada jalan sehingga dapat mengganggu kegiatan masyarakat yang hendak bekerja, berdagang, maupun aktifitas belajar dan menyebabkan kesulitan akses daerah tersebut yang berakibat pada menurunnya kesejahteraan.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir