Tambang berlian dan pengaruhnya terhadap lingkungan

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 10:30:05 WIB | dibaca: 70 pembaca | Lingkungan Pertambangan

Tambang berlian dan pengaruhnya terhadap lingkungan

osistem yang secara tidak langsung mengancam kehidupan manusia juga.

Alih fungsi lahan pertanian dan residensial

Kegiatan eksploitasi mineral dapat berimbas pada alih fungsi lahan pertanian menjadi kawasan pertambangan yang berimbas pada penurunan kemampuan manusia dalam mencukupi kebutuhan pangannya, selain hal itu alih fungsi lahan pertanian juga dapat menimbulkan kehilangan mata pencaharian penduduk sekitar area pertambangan sebagai seorang petani.

Selain itu, kegiatan pertambangan juga akan berpengaruh pada relokasi hunian penduduk yang beresiko menimbulkan sengketa antara perusahaan penambang dan penduduk sekitar. Selain resiko sengketa penduduk sekitar juga beresiko tidak mendapatkan mata pencaharian baru di tempat tinggalnya yang baru dikarenakan keterampilan yang ia miliki tidak sesuai di tempatnya ia tinggal sekarang atau terpaksa menjadi buruh di perusahaan pertambangan.

Polusi udara

Kegiatan eksploitasi dan produksi mineral tidak ayal akan melepaskan sejumlah besar emisi karbon dan gas beracun lainnya ke udara bebas, hal ini selain memusnahkan kehidupan fauna di sana juga meracuni manusia itu sendiri akibat penurunan kualitas udara, serta mengakibatkan pemanasan global yang dapat menimbulkan perubahan iklim dan anomali cuaca serta beragam bencana alam lainnya.

Polusi suara 

Penggunaan dinamit dan alat berat untuk membuka akses dan mengeruk mineral dapat menimbulkan suara yang mengganggu kehidupan sekitar areal pertambangan. Tidak hanya berkurangnya kenyamanan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar area tersebut, juga meningkatnya keluhan akibat terganggunya pendengaran yang berpotensi menurunkan kemampuan mendengar. Juga dapat mengusir beragam fauna yang berakibat pada terganggunya ekosistem di sana.

Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir